Pemasaran dalam Bisnis: Strategi dan Jenis yang Dijelaskan
Apa Itu Pemasaran?
Pemasaran mengacu pada kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempromosikan penjualan produk atau layanan mereka. Pemasaran mencakup periklanan dan memungkinkan bisnis untuk menjual produk dan layanan kepada konsumen, bisnis lain, dan organisasi.
Profesional yang bekerja di departemen pemasaran dan promosi sebuah perusahaan berusaha untuk menarik perhatian audiens potensial utama melalui periklanan. Promosi ditargetkan kepada audiens tertentu dan dapat melibatkan dukungan selebriti, frasa atau slogan menarik, kemasan atau desain grafis yang mudah diingat, dan eksposur media secara keseluruhan.
Memahami Pemasaran
Pemasaran sebagai disiplin ilmu melibatkan semua tindakan yang dilakukan perusahaan untuk menarik pelanggan dan menjaga hubungan dengan mereka. Jaringan dengan klien potensial atau sebelumnya juga merupakan bagian dari pekerjaan dan dapat mencakup menulis email terima kasih, bermain golf dengan klien potensial, menjawab panggilan dan email dengan cepat, dan bertemu dengan klien untuk minum kopi atau makan.
Pada tingkat yang paling dasar, pemasaran bertujuan untuk mencocokkan produk dan layanan perusahaan dengan pelanggan yang menginginkan akses ke produk tersebut. Mencocokkan produk dengan pelanggan pada akhirnya memastikan profitabilitas.
Apa Itu 4P Pemasaran?
Produk, harga, tempat, dan promosi adalah Empat P dari pemasaran. Empat P secara kolektif merupakan campuran esensial yang dibutuhkan perusahaan untuk memasarkan produk atau layanan. Neil Borden mempopulerkan ide bauran pemasaran dan konsep Empat P pada tahun 1950-an.
Produk
Produk mengacu pada barang atau barang-barang yang rencananya akan ditawarkan perusahaan kepada pelanggan. Produk tersebut harus berusaha memenuhi kekurangan di pasar atau memenuhi permintaan konsumen akan jumlah produk yang lebih besar yang sudah tersedia. Sebelum mereka dapat mempersiapkan kampanye yang tepat, pemasar perlu memahami produk apa yang dijual, bagaimana produk tersebut menonjol dari pesaingnya, apakah produk tersebut dapat dipasangkan dengan produk sekunder atau lini produk, dan apakah ada produk pengganti di pasar.
Harga
Harga mengacu pada seberapa banyak perusahaan akan menjual produk tersebut. Saat menetapkan harga, perusahaan harus mempertimbangkan harga biaya satuan, biaya pemasaran, dan biaya distribusi. Perusahaan juga harus mempertimbangkan harga produk pesaing di pasar dan apakah harga yang diusulkan mereka cukup untuk mewakili alternatif yang masuk akal bagi konsumen.
Tempat
Tempat mengacu pada distribusi produk. Pertimbangan kunci termasuk apakah perusahaan akan menjual produk melalui toko fisik, online, atau melalui kedua saluran distribusi tersebut. Ketika dijual di toko, penempatan produk fisik seperti apa yang diperolehnya? Ketika dijual secara online, penempatan produk digital seperti apa yang diperolehnya?
Promosi
Promosi, P keempat, adalah kampanye komunikasi pemasaran terintegrasi. Promosi mencakup berbagai kegiatan seperti periklanan, penjualan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, pemasaran langsung, sponsor, dan pemasaran gerilya.
Promosi bervariasi tergantung pada tahap siklus hidup produk. Pemasar memahami bahwa konsumen mengaitkan harga dan distribusi produk dengan kualitasnya, dan mereka memperhitungkan hal ini saat menyusun strategi pemasaran secara keseluruhan.
Jenis-jenis Strategi Pemasaran
Pemasaran terdiri dari kumpulan strategi yang sangat luas dan beragam. Industri ini terus berkembang, dan strategi di bawah ini mungkin lebih cocok untuk beberapa perusahaan daripada yang lain.
Strategi Pemasaran Tradisional
Sebelum teknologi dan Internet, pemasaran tradisional adalah cara utama perusahaan memasarkan barang mereka kepada pelanggan. Jenis utama strategi pemasaran tradisional meliputi:
-
Pemasaran Luar Ruang: Ini mencakup tampilan iklan publik di luar rumah konsumen. Ini termasuk papan reklame, iklan cetak di bangku, pembungkus stiker pada kendaraan, atau iklan di transportasi umum.
-
Pemasaran Cetak: Ini mencakup konten kecil yang mudah dicetak yang mudah direplikasi. Secara tradisional, perusahaan sering memproduksi massal materi cetak, karena konten cetak sama untuk semua pelanggan. Saat ini, lebih banyak fleksibilitas dalam proses pencetakan berarti materi dapat dibedakan.
-
Pemasaran Langsung: Ini mencakup konten khusus yang dikirimkan kepada pelanggan potensial. Beberapa konten pemasaran cetak dapat dikirimkan melalui pos. Selain itu, media pemasaran langsung dapat mencakup kupon, voucher untuk barang gratis, atau pamflet.
-
Pemasaran Elektronik: Ini mencakup penggunaan TV dan radio untuk periklanan. Melalui ledakan digital singkat, sebuah perusahaan dapat menyampaikan informasi kepada pelanggan melalui media visual atau auditori yang mungkin menarik perhatian penonton lebih baik daripada bentuk cetak.
-
Pemasaran Acara: Ini mencakup upaya mengumpulkan pelanggan potensial di lokasi tertentu untuk kesempatan berbicara dengan mereka tentang produk atau mendemonstrasikan produk. Ini termasuk konferensi, pameran dagang, seminar, roadshow, atau acara pribadi.
Pemasaran Digital
Industri pemasaran telah berubah selamanya dengan diperkenalkannya pemasaran digital. Dari hari-hari awal iklan pop-up hingga penempatan terarah berdasarkan riwayat penelusuran, sekarang ada cara inovatif perusahaan dapat menjangkau pelanggan melalui pemasaran digital.
-
Pemasaran Mesin Pencari: Ini mencakup perusahaan yang berusaha meningkatkan lalu lintas pencarian melalui dua cara. Pertama, perusahaan dapat membayar mesin pencari untuk penempatan di halaman hasil. Kedua, perusahaan dapat menekankan teknik optimasi mesin pencari (SEO) untuk secara organik menempati peringkat tinggi di hasil pencarian.
-
Pemasaran Email: Ini mencakup perusahaan yang mendapatkan alamat email pelanggan atau calon pelanggan dan mendistribusikan pesan atau buletin. Pesan ini dapat mencakup kupon, kesempatan diskon, atau pemberitahuan sebelumnya tentang penjualan yang akan datang.
-
Pemasaran Media Sosial: Ini mencakup membangun kehadiran online di platform media sosial tertentu. Seperti pemasaran mesin pencari, perusahaan dapat menempatkan iklan berbayar untuk melewati algoritma dan mendapatkan peluang lebih tinggi untuk dilihat oleh penonton. Selain itu, perusahaan dapat mencoba tumbuh secara organik dengan memposting konten, berinteraksi dengan pengikut, atau mengunggah media seperti foto dan video.
-
Pemasaran Afiliasi: Ini mencakup penggunaan iklan pihak ketiga untuk mendorong minat pelanggan. Seringkali, afiliasi yang akan mendapatkan komisi dari penjualan akan melakukan pemasaran afiliasi karena pihak ketiga tersebut didorong untuk mendorong penjualan barang yang bukan produk asli mereka.
-
Pemasaran Konten: Ini mencakup membuat konten, baik itu eBook, infografis, seminar video, atau konten yang dapat diunduh lainnya. Tujuannya adalah membuat produk (sering kali gratis) untuk membagikan informasi tentang produk, mendapatkan informasi pelanggan, dan mendorong pelanggan untuk terus bersama perusahaan setelah konten tersebut.
Pada tahun 1978, Gary Thuerk mengirim pesan kepada sekitar 400 orang menggunakan ARPANET, jaringan komputer paket-switched publik pertama. Dengan pesan itu, email spam pertama yang pernah tercatat telah dikirimkan.
Apa Manfaat Pemasaran?
Strategi pemasaran yang terdefinisi dengan baik dapat menguntungkan perusahaan dalam beberapa cara. Mungkin menantang untuk mengembangkan strategi yang tepat atau melaksanakan rencana; ketika dilakukan dengan baik, pemasaran dapat menghasilkan hasil berikut:
-
Generasi Audiens: Pemasaran memungkinkan perusahaan untuk menargetkan orang-orang tertentu yang diyakini akan mendapat manfaat dari produk atau layanannya. Terkadang, orang tahu mereka memiliki kebutuhan tersebut. Di lain waktu, mereka tidak menyadarinya. Pemasaran memungkinkan perusahaan untuk terhubung dengan kelompok orang yang sesuai dengan demografi yang ingin dilayani oleh perusahaan.
-
Pendidikan Internal: Pemasaran berguna untuk mengumpulkan informasi yang diproses secara internal untuk mendorong kesuksesan. Misalnya, pertimbangkan penelitian pasar yang menemukan bahwa produk tertentu terutama dibeli oleh wanita berusia 18 hingga 34 tahun. Dengan mengumpulkan informasi ini, perusahaan dapat lebih memahami cara melayani demografi ini, mendorong penjualan, dan lebih efisien dengan sumber daya.
-
Pendidikan Eksternal: Pemasaran juga dapat digunakan untuk mengkomunikasikan kepada dunia apa yang dilakukan perusahaan, produk apa yang dijual, dan bagaimana perusahaan dapat memperkaya kehidupan orang lain. Kampanye dapat bersifat edukatif, menginformasikan kepada pihak di luar perusahaan mengapa mereka membutuhkan produk Anda. Selain itu, kampanye pemasaran memungkinkan perusahaan untuk memperkenalkan dirinya, sejarahnya, pemiliknya, dan motivasinya untuk menjadi perusahaan seperti sekarang.
-
Pembentukan Merek: Pemasaran memungkinkan perusahaan untuk mengambil pendekatan ofensif dalam membentuk merek. Alih-alih pelanggan membentuk opini mereka tentang perusahaan berdasarkan interaksi mereka, perusahaan dapat berinteraksi secara proaktif dengan pelanggan dengan konten atau media khusus untuk mendorong emosi atau reaksi tertentu. Ini memungkinkan perusahaan untuk membentuk citranya sebelum pelanggan pernah berinteraksi dengan produknya.
-
Bertahan Lama: Kampanye pemasaran yang dilakukan dengan baik dapat berdampak jangka panjang pada pelanggan. Pertimbangkan Poppin' Fresh, juga dikenal sebagai Pillsbury Doughboy. Pertama kali muncul pada tahun 1965, maskot tersebut telah membantu menciptakan merek yang bertahan lama, hangat, dan ramah bagi Pillsbury.
-
Kinerja Keuangan: Tujuan utama dan manfaat pemasaran adalah untuk mendorong penjualan. Ketika hubungan dengan pelanggan lebih kuat, terdefinisi dengan baik, dan positif, pelanggan lebih cenderung terlibat dalam penjualan. Ketika pemasaran dilakukan dengan benar, pelanggan beralih ke perusahaan Anda, dan Anda mendapatkan keunggulan kompetitif dibandingkan pesaing Anda. Bahkan jika kedua produk sama persis, pemasaran dapat menciptakan keunggulan kompetitif mengapa klien memilih Anda daripada orang lain.
Apa Keterbatasan Pemasaran?
Meskipun ada banyak alasan mengapa perusahaan melakukan kampanye pemasaran, ada beberapa keterbatasan dalam industri ini.
-
Kelebihan Saturasi: Setiap perusahaan ingin pelanggan membeli produknya dan bukan pesaingnya. Oleh karena itu, saluran pemasaran bisa kompetitif karena perusahaan berusaha mendapatkan perhatian dan pengakuan positif lebih banyak. Jika terlalu banyak perusahaan bersaing, perhatian pelanggan mungkin sangat terpecah, mengakibatkan bentuk periklanan apa pun tidak efektif.
-
Devaluasi: Ketika perusahaan mempromosikan diskon harga atau penjualan, publik mungkin secara psikologis akhirnya melihat produk tersebut sebagai kurang berharga di masa depan. Jika kampanye sangat kuat, pelanggan bahkan mungkin menunggu untuk membeli barang tersebut dengan mengetahui atau mengingat berapa harga penjualan sebelumnya. Misalnya, beberapa orang mungkin sengaja menunda membeli barang jika Black Friday mendekat.
-
Tidak Ada Jaminan Kesuksesan: Kampanye pemasaran dapat menimbulkan biaya di muka yang tidak menjamin kesuksesan di masa depan. Hal ini juga berlaku untuk studi penelitian pasar, di mana waktu, upaya, dan sumber daya dicurahkan untuk studi yang mungkin tidak menghasilkan hasil yang dapat digunakan atau bermanfaat.
-
Bias Pelanggan: Pelanggan setia dan lama tidak perlu dibujuk untuk membeli merek atau produk perusahaan. Namun, pelanggan baru yang belum mengenal perusahaan mungkin perlu dibujuk. Pemasaran secara alami bias terhadap pelanggan non-loyal karena mereka yang sudah mendukung perusahaan akan lebih baik dilayani dengan investasi lebih lanjut dalam peningkatan produk.
-
Biaya: Kampanye pemasaran bisa mahal. Kampanye pemasaran digital mungkin memerlukan tenaga kerja yang intensif untuk disiapkan dan mahal untuk mempertahankan jadwal, pelaksanaan, dan eksekusi rencana. Jangan lupakan tentang berita utama yang mempromosikan biaya iklan Super Bowl yang mencapai jutaan.
-
Tergantung Ekonomi: Pemasaran paling sukses ketika orang memiliki modal untuk dibelanjakan. Meskipun pemasaran dapat menciptakan manfaat non-finansial seperti loyalitas merek dan pengenalan produk, tujuan utamanya adalah untuk mendorong penjualan. Selama kondisi makroekonomi yang tidak menguntungkan ketika pengangguran tinggi atau kekhawatiran resesi meningkat, konsumen mungkin kurang mungkin untuk membelanjakan uang, tidak peduli seberapa hebat kampanye pemasaran tersebut.
Apa Itu Pemasaran?
Pemasaran adalah divisi dari sebuah perusahaan, lini produk, individu, atau entitas yang mempromosikan layanannya. Pemasaran berusaha mendorong peserta pasar untuk membeli produk mereka dan berkomitmen loyalitas pada perusahaan tertentu.
Mengapa Pemasaran Sangat Penting?
Pemasaran penting karena beberapa alasan. Pertama, kampanye pemasaran mungkin menjadi pertama kalinya seorang pelanggan berinteraksi atau terpapar pada produk perusahaan. Perusahaan memiliki kesempatan untuk mendidik, mempromosikan, dan mendorong calon pembeli.
Pemasaran juga membantu membentuk citra merek yang ingin disampaikan perusahaan. Misalnya, perusahaan perlengkapan berkemah luar ruangan yang ingin dikenal dengan barang-barangnya yang tangguh dan kokoh dapat melakukan kampanye tertentu yang mewujudkan ciri-ciri ini dan membuat emosi ini berkesan bagi pelanggan potensial.
Apa Tujuan Pemasaran?
Tujuan penting dari pemasaran adalah mendorong pertumbuhan perusahaan. Hal ini dapat terlihat melalui menarik dan mempertahankan pelanggan baru.
Perusahaan dapat menerapkan banyak strategi pemasaran yang berbeda untuk mencapai tujuan ini. Misalnya, mencocokkan produk dengan kebutuhan pelanggan dapat melibatkan personalisasi, prediksi, dan pada dasarnya mengetahui masalah yang tepat untuk dipecahkan.
Strategi lain adalah menciptakan nilai melalui pengalaman pelanggan. Hal ini ditunjukkan melalui upaya untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan menghilangkan kesulitan apa pun dengan produk atau layanan.
Apa Itu 4P Pemasaran?
Konsep yang umum digunakan di bidang pemasaran, Empat P pemasaran melihat empat elemen kunci dari strategi pemasaran. Empat P terdiri dari produk, harga, tempat, dan promosi.
Apa Jenis-jenis Pemasaran?
Ada puluhan jenis pemasaran, dan jenis-jenisnya telah berkembang dengan diperkenalkannya dan meningkatnya media sosial, platform seluler, dan kemajuan teknologi. Sebelum teknologi, pemasaran mungkin diarahkan pada kampanye surat, kampanye dari mulut ke mulut, papan reklame, pengiriman sampel produk, iklan TV, atau telemarketing. Sekarang, pemasaran mencakup media sosial, iklan terarah, pemasaran email, pemasaran masuk untuk menarik lalu lintas web, dan banyak lagi.
Kesimpulan
Pemasaran adalah bagian penting dari bisnis apa pun. Hal ini memungkinkan produk atau layanan bisnis dikenal oleh konsumen dan membantu menarik konsumen untuk membeli produk mereka daripada produk pesaing. Meskipun pemasaran mengeluarkan biaya yang signifikan, perusahaan menciptakan anggaran pemasaran sebagai bagian dari pengeluaran dengan harapan bahwa penjualan dan keuntungan akan melebihi biaya pemasaran.
Tingkatkan strategi pemasaran Anda dan raih kesuksesan bisnis lebih cepat! Temukan berbagai layanan dan solusi pemasaran terbaik yang dapat membantu Anda menjangkau lebih banyak pelanggan dan meningkatkan penjualan. Kunjungi situs web kami untuk memulai perjalanan pemasaran Anda hari ini!